top of page

SMAN 15 Surabaya Selenggarakan LKBB Gelora Kopa Libels Se-Jawa

SURABAYA - analisapost.com | SMA Negeri 15 Surabaya menggelar lomba paskibra bertajuk ‘LKBB Gelora Kopa Libels, Minggu (8/9/24).

SMAN 15 Surabaya selenggarakan LKBB
SMAN 15 Surabaya selenggarakan LKBB (Foto: Div)

Lomba ini terbuka untuk para pelajar tingkat SD/MI, PP/MTs, dan SMA/SMK/MA tingkat se-Pulau Jawa yang berlangsung pada pukul 08.00 WIB.


Johanes Marjiono,S.Pd.,M.M, Kepala Sekolah SMAN 15 Surabaya saat di konfirmasi mengatakan ada beberapa tim yang ikut kompetisi.


"Kegiatan ini diikuti oleh 77 tim. Bagi saya ini extra kurikuler yang sangat keren. Setiap hari mereka sangat sportifitas," ujarnya.


Ia mengatakan ada dua kategori yang di lombakan dalam kegiatan ini, yaitu PBB Perpang (Peraturan Panglima 58) dan kreasi.


"Tujuan kegiatan ini adalah mendidik anak-anak ini agar bisa melakukan hal terbaik untuk sekolahnya. Dan ini juga akan membentuk generasi yang mempunyai karakter kuat," jelas Johanes.

Johanes Marjiono,S.Pd.,M.M, Kepala Sekolah SMAN 15 Surabaya
Johanes Marjiono,S.Pd.,M.M, Kepala Sekolah SMAN 15 Surabaya (Foto:Div)

"Harapan saya saat lomba mereka harus sportif. Kalau tidak sportif percuma mereka latihan dan mempersiapkan sejak awal," terang Johanes dengan ramah kepada awak media AnalisaPost.


Sementara Devira Geby Saputri, selaku ketua pelaksana LKBB Gelora Kopa Libels mengatakan bahwa LKBB Gelora Kopa Libels menjadi lomba perdana yang digelar tim paskibra SMAN 15 Surabaya.


"Kegiatan ini merupakan yang pertama kali diadakan bertujuan untuk meningkatkan semangat dalam keterampilan baris-berbaris, mengembangkan kreatifitas serta percaya diri dan juga menumbuhkan jiwa yang semangat, optimisme dan jiwa keberanian,” katanya.


Ia juga menambahkan bahwa LKBB Gelora Kopa Libels menjadi salah satu rangkaian acara dari perhelatan ‘Paskibra Festival Vol. 2 Series’ yang akan diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paskibra Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya) pada 10 November 2024 nanti.


"LKBB Gelora Kopa Libels’ akan memperebutkan tiga Piala Bergilir dari SMAN 15 Surabaya untuk setiap tingkatan. Tidak hanya itu, terdapat lebih dari 90 piala tetap, sertifikat dan juga uang pembinaan untuk juara utama serta total hadiah mencapai 40 juta rupiah," ungkapnya.


"Ada 77 peserta yakni 7 tim yang ikut dalam kompetisi dari SD/MI, 40 tim paskibra tingkat SMP/MTs dan 30 tim paskibra tingkat SMA/SMK/M Se-Pulau Jawa,"imbuhnya.


Devirapun menjelaskan bahwa seringkali ditemui LKBB yang menggunakan aba-aba variasi formasi, namun akan ada yang berbeda di LKBB Gelora Kopa Libels.


"Kategori untuk penilaian yang akan digunakan adalah aba-aba kreasi, sehingga akan memerlukan kreativitas dari masing-masing tim,” paparnya.

Devira Geby Saputri, selaku ketua pelaksana LKBB Gelora Kopa Libels
Devira Geby Saputri, selaku ketua pelaksana LKBB Gelora Kopa Libels (Foto: Div)

Dari informasi yang di dapat awak media AnalisaPost, ada beberapa peserta datang dari Gresik, Mojokerto, hingga Semarang.


Lomba PBB ini dinilai langsung oleh dua juri Marinir, dan dua juri dari Permildas Kodiklatal (Parameter Peraturan Militer Dasar Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut), serta empat juri profesional di katogori kreasi.


Lomba ini terbuka untuk umum, sehingga masyarakat yang ingin melihat acara ini dapat membeli tiket secara on the spot (OTS). (Dna/Che)


Dapatkan update berita pilihan serta informasi menarik lainnya setiap hari di analisapost.com

1.365 tampilan0 komentar

Comentarios


bottom of page
analisa post 17.50 (0 menit yang lalu) kepada saya