top of page
Gambar penulisanalisapost

RPH Pegirian Surabaya, Siap Sembelih Hewan Kurban Sesuai Prokes

Diperbarui: 13 Mar 2022


Surabaya, Analisa Post | Menjelang hari raya Idul Adha yang kurang sehari lagi, Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Pegirian, saat PPKM Darurat dari pantauan Analisa Post, jumlah penyembelihan atau pemotongan hewan kurban meningkat. Senin (19/07/2021)


Selama PPKM darurat ada kebijakan dari pemerintah, pembatasan penyembelihan mempengaruhi warga melakukan pemotongan hewan kurban serentak.


Meskipun jumlah penjualan mengalami penurunan yang signifikan selama PPKM, tetapi jumlah hewan yang akan di sembelih cukup banyak. Hal ini dikarenakan untuk mematuhi aturan pada Surat Edaran Walikota Surabaya tentang pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dan mengurangi kerumunan.

Foto : Div

Seperti yang di sampaikan Dirut RPH Pegirian Surabaya Muhammad Faiz mengatakan, “Sampai hari ini jumlah hewan yang sudah masuk dan akan disembelih tidak sampai 100 karena protokol kesehatan. Seperti pada tanggal 20 ada 64 ekor, tanggal 21, 54 ekor, tanggal 22, 56 ekor, 23, 4 ekor tapi bisa jadi akan bertambah.” Katanya


“Yang mendaftar ke sini ada individu, kelompok ada Walikota, anggota dewan, Masjid dan yayasan." Imbuhnya


"Kita terima pendaftarannya dan kita tentukan hari sesuai kesepakatan mau dipotong hari apa. Kami akan melakukan penyembelihan tetap dengan protokol kesehatan. Bahkan untuk menghindari kerumunan, kita juga sediakan layar lebar untuk monitor bagi yang tidak berani melihat langsung. Tetapi bagi yang ingin masuk, kita persilahkan. Tetapi kita batasi hanya satu orang saja.”Tegasnya.

Foto : Div

Dari informasi yang di dapat, penyembelihan akan dilakukan besok pada pukul 07.00 hingga 15.00. Hari kedua dan ketiga, akan dilakukan mulai pukul 05.00 pagi. Bagi masyarakat yang ingin pemotongan hewan kurbannya di RPH di harapkan datang pada H-1 sebelum penyembelihan.


Sebelum pemotongan, hewan-hewan tersebut akan diperiksa kesehatannya oleh dokter hewan. Pihaknya juga akan menambah petugas untuk membantu pengerjaan dari pengulitan, pecah kepala, bongkar jeroan, pengemasan hingga pengiriman. Biaya pemotongan hingga pengiriman di patok senilai Rp 2.5 Juta free ongkos kirim.(Dna/Che)

341 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page
analisa post 17.50 (0 menit yang lalu) kepada saya