top of page

Pangdam Zamroni Sebut Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan

Denpasar - analisapost.com | Beri aku 1.000 Orang Tua, maka niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 Pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.” Demikian kutipan pernyataan Presiden RI Pertama Ir. Soekarno yang disampaikan oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Muhammad Zamroni, S.I.P., M.Si., saat memberikan Kuliah Umum dihadapan 1.700 Mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Muhammad Zamroni, S.I.P., M.Si., saat memberikan Kuliah Umum
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Muhammad Zamroni, S.I.P., M.Si., saat memberikan Kuliah Umum (Foto: Istimewa)

Kegiatan yang bertajuk Gema Acara Penerimaan Eksekutif Muda Mahasiswa Baru (Ganesa Maba) Universitas Mahasaraswati 2024 tersebut digelar di GOR Yudomo, Kepaon, Denpasar, pada Selasa (3/9/2024). Kegiatan mengusung tema "Membangun Generasi yang Unggul, Berkarakter dan Mandiri melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)".


Lebih lanjut Pangdam Zamroni menekankan akan pentingnya peran generasi muda dalam mempertahankan kedaulatan negara. Pangdam memaparkan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesi (NKRI) harus dibela oleh seluruh Warga Negara Indonesia guna menjamin kelangsungan hidup serta eksistensi bangsa dan negara. Adapun yang harus dibela adalah kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa.


"Bela Negara merupakan tekad, sikap, dan perilaku serta tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa dan negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI, yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa Indonesia dan Negara dari berbagai ancaman," jelas Pangdam Zamroni.

keikutsertaan Warga Negara dalam usaha Bela Negara dilaksanakan melalui Pendidikan kewarganegaraan
Keikutsertaan Warga Negara dalam usaha Bela Negara dilaksanakan melalui Pendidikan kewarganegaraan (Foto: Istimewa)

Terkait dengan Bela Negara, Mayjen Zamroni menyebutkan bahwa keikutsertaan Warga Negara dalam usaha Bela Negara dilaksanakan melalui Pendidikan kewarganegaraan. Lima nilai dasar Bela Negara yaitu Cinta Tanah Air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban bagi bangsa dan negara, serta memiliki kemampuan awal bela negara.


Mengakhiri Kuliah Umumnya, Pangdam berharap kepada para mahasiswa agar menjadi agen perubahan dalam kesadaran bela negara di kalangan generasi muda dan sebagai role model dalam aksi nyata Bela Negara. Selain itu, generasi muda juga diharapkan menjadi motor penggerak dalam mewujudkan integrasi bangsa, serta menjaga nama baik dan selalu bangga sebagai bangsa Indonesia.


"Kalian memiliki peran strategis dalam menentukan arah masa depan bangsa ini. Dalam era globalisasi dan teknologi, kita harus mampu bersaing tanpa melupakan jati diri sebagai bangsa Indonesia. Tingkatkan kreatifitas dan inovasi dalam membangun diri sebagai calon pemimpin Indonesia di masa depan yang maju dan mandiri. Bangun terus kompetensi kalian, dengan tetap membangun karakter Bela Negara. Indonesia Emas 2045 adalah kalian," demikian tegas Pangdam Zamroni.


Kegiatan Ganesa Maba Universitas Mahasaraswati 2024 ini digelar selama 2 hari. Dalam Kuliah Umum Pangdam tersebut dihadiri oleh Para Perwira Staf Ahli Pangdam IX/Udayana, Rektor dan jajaran pimpinan Universitas, serta Mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar. (*)

407 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page
analisa post 17.50 (0 menit yang lalu) kepada saya