top of page
Gambar penulisanalisapost

KPU Jatim Tetapkan Jadwal Debat Cagub 2024 Pertama di Graha Unesa

SURABAYA - analisapost.com | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur telah menetapkan jadwal debat untuk para calon gubernur (Cagub) Jawa Timur sebanyak tiga kali.

Nur Salam, perwakilan KPU Jatim
Nur Salam, perwakilan KPU Jatim (Foto: Div)

Pada awalnya, debat pertama direncanakan akan digelar di Dyandra Convention, namun kini lokasi berubah menjadi Graha Unesa karena kendala teknis.


"Tempat awal tidak bisa disewa penuh, bahkan ada kebocoran saat diperiksa," jelas Nur Salam, perwakilan KPU Jatim kepada awak media AnalisaPost saat dikonfirmasi.


Jadwal dan Stasiun TV yang Menayangkan Debat:

  • Debat Pertama: Kompas TV dan TVRI

  • Debat Kedua: JTV dan CNN Indonesia

  • Debat Ketiga: Metro TV dan TV One


Nur Salam menambahkan, debat akan ditayangkan secara langsung untuk memberi akses luas kepada masyarakat. KPU Jatim hanya berperan dalam urusan teknis, sementara tim panelis akan merumuskan tema, subtema, dan pertanyaan dengan tingkat kerahasiaan tinggi.


"Kami hanya memfasilitasi teknis dan administrasi. Nantinya panelis yang bertanggung jawab atas format, tema, hingga alur pertanyaan," ujarnya.


Graha Unesa Siap Tampung 150 Pendukung dan Undangan

Graha Unesa dipilih karena dapat menampung lebih banyak pendukung paslon dan tamu undangan. Sekitar 150 peserta, termasuk rektor, organisasi masyarakat, pemuda, dan kaum difabel, akan diundang untuk menghadiri debat tersebut.


Durasi Debat dan Koordinasi Pengamanan

Sesuai regulasi, durasi maksimal debat adalah 180 menit. Namun, KPU Jatim telah berkoordinasi dengan media agar penayangan berlangsung maksimal 2,5 jam demi menghindari kejenuhan.


"Tanggal 17 Oktober nanti akan diadakan media briefing untuk pengumuman resmi dan tata tertib bagi awak media," kata Nur Salam. Selain itu, KPU Jatim bekerja sama dengan Polda untuk memastikan pengamanan berjalan lancar selama acara berlangsung.


Dari info yang didapat, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) akan menggelar debat publik sebanyak tiga kali, pada gelaran Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024. 


Komisioner KPU Jatim, Nur Salam menjelaskan, debat perdana dilaksanakan pada Oktober, dan dua debat selanjutnya pada awal dan pertengahan November 2024, atau jelang minggu tenang.


"Kita tetapkan tanggal 18 Oktober, 3 November, dan 18 November. Itu jadwal di kami," ujar Nur Salam, Senin (14/10/24).


Sedangkan untuk tema spesifik pada masing masing tanggal debat publik tersebut, lanjut Nur Salam, akan ditentukan oleh para panelis yang direncanakan terdiri dari 7 orang. 


"Jadi tema itu yang merumuskan panelis hari ini, kita masih menyusun panelis dulu," katanya. 


Namun Nur Salam menegaskan, secara garis besar ada 6 tema yang akan diangkat pada debat publik tersebut. Mulai dari pendidikan, kesehatan, hingga pelayanan publik.(Che/Dna)


Dapatkan update berita pilihan serta informasi menarik lainnya setiap hari di analisapost.com 

1.001 tampilan0 komentar

コメント


bottom of page
analisa post 17.50 (0 menit yang lalu) kepada saya