top of page

Fakultas Psikologi UKWMS Ajak Mahasiswa Mancanegara Menuju Kampung Wisata

Diperbarui: 4 Jul 2023

SURABAYA - analisapost.com | Pisikologis wisatawan selaku konsumen adalah proses intern seseorang yang ada dalam diri konsumen mulai dari motivasi, persepsi, sikap, pembelajaran dan kepribadian memiliki pengaruh yang sangat kuat. Pemahaman yang tepat atas prilaku konsumen membuat penyedia produk dan jasa dalam industri pariwisata dapat mengetahui kebutuhan dan keinginan untuk menarik wisatawan.Minggu (2/7/23)

Agnes Maria Sumargi.,Grad.Dip.Ed.,M.Psych.,Ph.D. Ketua Senat Fakultas Psikologi UKWMS
Agnes Maria Sumargi.,Grad.Dip.Ed.,M.Psych.,Ph.D. Dekan Fakultas Psikologi UKWMS (Foto: Div)

Hal inilah yang mendasari Fakultas Psikologi UKWMS beserta 11 orang Mahasiswa terdiri dari Saint Louis College (SLC) Bangkok-Thailand berjumlah 4 orang, Saint Louis University (SLU) Philippines sebanyak 2 orang dan 5 orang dari UKWMS dipimpin oleh Dosen Koord. Bidang Minat Psikologi Sosial, Dr.F.Dessi Chistanti, M.Si dan Dekan Fakultas Psikologi Agnes Maria Sumargi.,Grad.Dip.Ed.,M.Psych.,Ph.D. mengunjungi Kampung Wisata Edukasi Oase Ondomohen RT 08 RW 7 Kelurahan Ketabang, Genteng Surabaya, Sabtu (01/07/23).


Kunjungan ini dilaksanakan selama 1 hari. Rombongan Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya di terima oleh Ketua kampung Wisata Oase ondomohen, Mus Mulyono didampingi Endang Sriwulansari, SE sebagai Ketua Kampung Sayur Oase Ondomohen dan Kemal Jamaludin,S.Sos.,MM sebagai penerjemah.


Dalam kesempatan itu yang disampaikan kepada awak media AnalisaPost, Agnes Maria Sumargi.,Grad.Dip.Ed.,M.Psych.,Ph.D. Dekan Fakultas Psikologi UKWMS berkata,"kami dari Widya Mandala berterima kasih karena sudah mendapatkan sambutan yang hangat. Kami menemukan mitra karena dalam mata kuliah ada psikologi lingkungan, di mana kami juga belajar dari sisi psikologinya," ujarnya.

Ozea Audine (Kiri)Trisha Gail (Kanan) Mahasiswi dari St. Louis University Philipina
Ozea Audine (Kiri)Trisha Gail (Kanan) Mahasiswi dari St. Louis University Philipina (Foto: Div)

"Kita bisa berkolaborasi untuk kedepannya baik itu mengundang sebagai kuliah tamu di kelas atau mungkin juga dengan kunjungan-kunjungan," jelasnya.


"I really like this place, not for each people but also for the good things they do for the environment. Though its hard they try to their best to lives stay in being which is what we need right now in this time of crises. And i expect, this will continue on with what the good thing their doing and with what they told me about this village. I thinks that a very good things what they do for the society," kata Ozea Audine dan Trisha Gail Mahasiswi dari St. Louis University Philipina menambahkan.


"So since this is a really good place a suistainable one, I hope people welcome to visit and also practice in a suistainable life style. And also manage their ways, their water, and something like that," tutur dua wanita cantik ini sambil tertawa. Tampak terlihat kebahagiaan pada raut wajahnya yang ramah.


Sementara Ketua kampung Wisata Oase ondomohen, Mus Mulyono dalam sambutanya menyampaikan rasa terima kasih kepada Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya atas kesempatan untuk menerima kunjungan mahasiswa dari luar negeri.


"Suatu kehormatan dan kebahagian karena kemitraan kami dengan kampus khususnya Widya Mandala tetap berjalan mulai awal tahun sampai saat ini. Berharap selanjutnya bisa bersama-sama mempunyai program untuk memajukan kampung Oase Ondomohen yang sustainable berkelanjutan dan djuga dengan dukungan pemangku wilayah kami di Kelurahan Ketabang," tegasnya.


Kegiatan yang di hadiri oleh perwakilan lurah Ketabang, Ketua RW 07 Ketabang, Ketua PERBANUSA DPD Jawa Timur, Kabid Ekonomi Kreatif DPP IFTA Jelajah Indonesia, Sekjen dan Pengurus Pencinta Anggrek Indonesia (PAI) cabang Surabaya Raya, Bapak Antok, mampu menarik perhatian rombongan Field Visit Mahasiswa Psikologi Philippines and Thailand, tentu menjadi kebanggaan tersendiri.


Mereka terlihat sangat antusias sejak pagi sudah berada di lokasi membuat Ecobang di training oleh Novita Rahayu Purwaningsih, seorang Fashion Designer Jawa Timur, kemudian dilanjutkan dengan berkeliling ke kampung didampingi Endang Sriwulansari,SE, melihat pengelolaan sampah organik dengan Maggot Black Soldier Fly (BSF) yang disampaikan oleh Rusmiatin, Water Treatment IPAL Gendong oleh Yuwono, Demo inovation Solar Cell, hingga Briket Organik dan Ecobrick. Usai kegiatan dilanjutkan dengan pemberian cinderamata dan ditutup makan bersama. (Dna)


Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari analisapost.com

Kommentarer


bottom of page
analisa post 17.50 (0 menit yang lalu) kepada saya