top of page
Gambar penulisanalisapost

Debat Perdana Pilgub Jatim 2024 Digelar Malam Ini: Berikut Panelis yang Terlibat

SURABAYA - analisapost.com | Debat publik pertama Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2024 akan diselenggarakan pada Jumat, 18 Oktober 2024, mulai pukul 19.30 hingga 21.30 WIB.

Debat Perdana Pilgub Jatim 2024 Digelar Malam Ini
Debat Perdana Pilgub Jatim 2024 Digelar Malam Ini (Foto: Div)

Acara ini diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur dan akan berlangsung di Graha Unesa, Surabaya, dengan siaran langsung melalui YouTube KPU Jawa Timur, TVRI, serta Kompas TV.


Debat ini melibatkan tiga pasangan calon yang akan bersaing untuk posisi gubernur dan wakil gubernur. Pasangan-pasangan tersebut adalah:

  1. Luluk Nur Hamidah - Lukmanul Khakim (nomor urut 01)

  2. Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak (nomor urut 02)

  3. Tri Rismaharini - Zahrul Azhar Asumta (nomor urut 03)


Debat perdana ini mengusung tema "Transformasi Sosial dan Peningkatan Produktivitas Sumber Daya Lokal untuk Kesejahteraan Jawa Timur." Tema tersebut dirancang oleh panelis yang berasal dari kalangan akademisi dan dibagi ke dalam beberapa subtema, antara lain mengenai daya saing ekonomi, kemiskinan, kesenjangan sosial, masyarakat digital, pendidikan, kesehatan, serta penguatan budaya lokal.


Panelis Debat Pilgub Jatim 2024

Untuk debat perdana ini, KPU Jawa Timur telah menunjuk tujuh panelis yang semuanya berasal dari kalangan akademisi. Mereka dipilih karena dianggap memiliki keahlian dalam bidang masing-masing dan dinilai independen dalam memberikan penilaian. Sebelum terlibat, para panelis telah menandatangani pakta integritas.


Berikut adalah nama-nama panelis yang akan mengarahkan diskusi dan tema debat:

  1. Prof. Muhammad Syarif- Ahli Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trunojoyo Madura

  2. Rina Wahyu Setyaningrum-Ahli Pendidikan Bahasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang

  3. Ahmad Imron Rozuli-Ahli Sosiologi Ekonomi dan Kelembagaan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya

  4. Sasongko Budisusetyo-Ahli Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya

  5. Adhitya Wardhono-Ahli Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember

  6. Hidayatullah-Ahli Kesehatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ma’arif Hasyim Latif Sidoarjo

  7. Prof. Achmad Muhibbin Zuhri-Ahli Pendidikan Agama, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Ampel Surabaya


Jadwal Debat Selanjutnya

KPU Jawa Timur telah menjadwalkan tiga sesi debat selama masa kampanye Pilgub Jatim 2024. Selain debat malam ini, dua debat berikutnya akan digelar pada 3 November 2024 dan 18 November 2024. Tiap debat akan melibatkan tujuh panelis yang berbeda, dan tema serta subtema untuk setiap debat akan diformulasikan oleh panelis tersebut. KPU akan menginformasikan platform siaran untuk dua debat selanjutnya setelah debat pertama selesai.


Debat ini diharapkan menjadi sarana bagi masyarakat untuk mengenal lebih dekat dengan visi dan misi pasangan calon, serta kebijakan yang akan mereka tempuh jika terpilih sebagai pemimpin Jawa Timur. (Dna)


Dapatkan update berita pilihan serta informasi menarik lainnya setiap hari di analisapost.com

Comments


bottom of page
analisa post 17.50 (0 menit yang lalu) kepada saya